Kamis, 21 Maret 2013

Manfaat ASI Eksklusif

Manfaat ASI Eksklusif

Tahukah anda bahwa bayi sebaiknya diberikan Air Susu Ibu (ASI) saja secara eksklusif tanpa makanan tambahan lain selama 6 bulan pertama pertumbuhan karena banyak manfaatnya bagi ibu dan juga bayi, termasuk untuk mencegah gangguan tingkah laku pada anak ? Setelah 6 bulan pun ASI sebaiknya tetap diberikan selama mungkin, tapi sudah bisa secara bertahap ditambahkan dengan makanan lain untuk membantu pertumbuhan bayi. Begitulah himbauan dari dunia kesehatan saat ini.

1. ASI Dapat Mendekatkan Ibu dengan Bayi

ASI dapat menjadi makanan utama pada Bayi, karena ASI juga berperan mendekatkan kedekatan jiwa antara ibu dan anak.

2. Bermanfaat untuk Ibu dan Bayi

Manfaat ASI bukan hanya untuk bayi akan tetapi juga untuk ibu , karena dengan menyusui ibu dapat melepaskan ketegangan yang ada pada payudaranya,selain itu memperkecil resiko ibu terkena kanker ovarium, dibanding dengan wanita yang tidak memberikan ASI.
Semakin lama ASI diberikan pada bayi, semakin lama dan semakin baik juga perlindungan dan keuntungan yang didapatkan anak. Susu formula tidak bisa menggantikan peran ASI dalam hal-hal yang disebutkan di atas.

3. ASI Kaya Akan Zat

ASI tetap unggul dan tak terkalahkan dari pada susu formula. Dikarena ASI mengandung zat Omega 6, laktosa, taurin, DHA, AA, protein, kolostrum, lemak, laktobasius, vitamin A, zat besi, laktoferin and lisozim.

4. ASI Lebih Higenis

ASI langsung dari puting ibu dengan ASI akan menjaga keadaan ASI steril. Bila dibandingkan dengan susu formula maka memerlukan alat bantu berupa botol dan kesterilan susu menjadi di khawatirkan.

5. ASI untuk kekebalan bayi

ASI mempunyai keunggulan dengan adanya kandugan zat penting didalamnya di antaranya adanya Sistem imum yang dapat menjaga bayi tidak mudah sakit.

6. ASI sebagai pelindung

ASI bisa memberi rangsangan bayi agar kebal terhadap berbagai bahan makanan yang tidak sehat.

7. ASI Tidak Basi

Tidak ada kata basi untuk ASI, hal ini dikarena ASI langsung dihasilkan dipayudara dan tanpa campur tangan.
Demikian info mengenai Manfaat ASI Eksklusif Untuk Bayi, semoga bermanfaat, dan menambah pengetahuan anda dalam ilmu kesehatan.

Menyusui anak juga memberi efek positif bagi sang ibu, antara lain mengurangi resiko ibu terkena penyakit jantung, mengurangi resiko terkena kanker rahim dan payudara, membakar kalori pada tubuh ibu, menghemat pengeluaran, dan juga menumbuhkan ikatan yang kuat antara ibu dan anak. Selain itu menyusui anak juga menunda kembalinya siklus menstruasi pada ibu yang baru melahirkan.
Menyusui bayi juga berhubungan dengan penurunan tekanan darah dan kolesterol serum total, penurunan prevalensi diabetes melitus tipe 2 dan juga obesitas saat remaja dan dewasa.
Sementara bagi ibu, menyusui dapat menunda kembalinya kesuburan dan mengurangi risiko perdarahan pasca melahirkan, kanker payudara, pra menopause dan kanker ovarium.

Herni Susanti

0 komentar:

Posting Komentar